Pages

MEMBUAT WEBSITE DENGAN HTML

MEMBUAT TAMPILAN WEBSITE DENGAN HTML

Pada umumnya membuat tampilan web itu pasti menggunakan html. Tapi untuk kali ini saya akan memberi contoh bagaimana cara membuat tampilan website dengan html saja. Memang sih hasilnya tak akan maksimal seperti web-web yang ada di internet. tapi gak apa -apa kan sekedar contoh :

Dalam web itu terbagi atas 4 bagian yaitu : 
  1. HEADER (Bagian Atas Web)
Yaitu bagian web yang memuat judul dari web, menu web ataupun yang lainnya yang  terdapat dibagian paling atas.
  1. CONTENT (Bagian Isi Web)
Yaitu bagian web yang memuat bagian isi dari web atau konten dari web tersebut. bagian ini merupakan bagian terpenting dalam karena jika tdk ada bagian maka tidak layak disebut website.
  1. Sidebar
Yaitu bagian web yang memuat bagian iklan, artikel terkait atau link-link yang menuju ke halaman lain. Biasanya sidebar berada di kanan atau kiri dari konten.
  1. Footer
Yaitu bagian berada di paling bawah sendiri. bagian ini biasanya berisi tentan informasi yang terkait dengan web tersebut.
Setelah mengetahui bagian-bagian dari web, kita bisa menyusun tampilannya dengan tertata, dan dapat mengoptimalkan isi dari web kita. nah kali ini saya akan memberi contoh membuat tampilan web dengan html saja, meskipun sedikit merumitkan tapi gak masalahkan  kalau aku hanya memberi contoh saja. Untuk membuat tampilan web dengan html saja kita dapat memanfaatkan tag "<table>" Berikut Skripnya :

    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    <table border="1" cellspacing="1" cellpadding="1" width=60% height=1265px>
    <tr> <td bgcolor=SkyBlue colspan=3 height=150px width=10% align=center valign=top><h1>HEADER</h1></td> </tr> <tr> <td width=10% valign=top bgcolor=LightSteelBlue> <h1>SIDEBAR</h1> </td> <td width=80% align=center valign=top bgcolor=LightBlue> <h1>CONTENT</h1> </td> <td valign=top bgcolor=LightSteelBlue> <h1>SIDEBAR</h1> </td> </tr> <tr> <td colspan=3 height=150px width=10% align=center valign=top ><h1>FOOTER</h1>
    </td> </tr> </table>

maka tampilannya akan seperti berikut :