Pages

PENGERTIAN WEBSITE

Pengertian Website

Website adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, gambar, animasi, audio maupun video baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian seperti bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan halaman  satu dengan halaman lainnya (hyperlink).

Jenis - Jenis Website

Secara garis besar, website dapat digolongkan menjadi 3 golongan yaitu :

  1. Website Statis
Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut. Contoh Website Statis adalah jika kita mengupload file index.html pada hosting gratis seperti id hostinger kita tak dapat mengedit kontennya kecuali kita mengganti file indexnya.
  1. Website Dinamis
Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya                                      
  1. Website Interaktif
Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. 

 Unsur - Unsur Website

Suatu website itu dapat terbentuk jika mengandung 3 unsur penting yang dapat membangunnya. 3 unsur tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Nama Domain dari Website Tersebut (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)
Pengertian dari Domain sendiri adalah sebuah alamat yang menggantikan dari alamat ip dari website tersebut atau dalam logikanya begini dalam jaringan internet itu menghubungkan semua komputer yang terhubung pada jaringan tersebut dan tiap komputer itu memiliki nomor identitas sendiri - sendiri dan dalam website nomor identitas itu adalah domain itu sendiri. Contoh :         .com, .co.id, .net, .go.id. ac.id, .sch.id, dll.
  1. Tempat Menyimpan File/Berkas (Web Hosting)
Pengertian dari Domain adalah tempat penyimpanan file atau berkas-berkas web seperti file index atau yang lainnya juga berfungsi untuk menyimpan file audio mapun video. Contoh hosting gratis yang terpopuler saat ini adalah idhostinger.
  1. Bahasa Pemrograman (Scripts Program)
Bahasa pemrograman (Scripts Program) adalah Bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menampilkan semua konten dari suatu website mengatur tampilan web dan mempermudah kita untuk dapat mengakses wesite tersebut. Bahasa pemrograman website itu terdiri atas html, css, javascript, php, dll.

Manfaat dari Website

Manfaat dan Funsi dari website itu tergantng pada isi dan tujuan pembuatan website itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Website :
  1. Sebagai tempat untuk menjual barang atau jasa.
  2. Sumber informasi yang terupdate dan terkini.
  3. Tempat berbagi file (upload file atau download file)
  4. Tempat untuk mencari penghasilan tambahan melalui bisnis online.
  5. Sebagai tempat untuk berkumpulnya suatu komunitas seperti jejaring sosial facebook, google plus dan semisalnya.
  6. Sebagai tempat untuk berbagi pengalaman kehidupan, cerita dan pengetahuan kepada orang lain.
  7. Sebagai tempat bertukar informasi dalam suatu forum tertentu.